Ayam Panggang Klaten


ayampanggangklaten

Bahan : 

500 grm daging ayam ( aku pake paha atas bawah dua pasang )

400 ml santan ( aku pake campuran 150 ml santan kaleng + 250 air )

1 1/2 sdt garam

1 sdm gula merah

1 batang serai , ambil bagian putihnya , memarkan

1 lbr daun salam

2 lbr daun jeruk

Minyak untuk menumis

Bumbu halus : 

1 sdt ketumbar , disangrai

1/2 sdt jintan , disangrai

1/2 sdt merica , disangrai

5 butir kemiri , disangrai

8 siung bawang merah

4 siung bawang putih

1 cm kencur

1 cm jahe

1 cm kunyit

1 cm lengkuas

1/2 sdt gula pasir

2 sdt garam

Cara memasak : 

1. Panaskan minyak , lalu tumis bumbu halus hingga wangi . Masukkan sereh , daun jeruk , daun salam . Aduk – aduk sebentar .

2. Masukkan ayam . Aduk – aduk hingga ayam berubah warna dan bumbunya merata . Kecilkan apinya . Ungkep selama 10 menit .

3. Masukkan santan , didihkan kemudian kecilkan apinya . Masak selama 20 menit sambil sesekali diaduk .

4. Angkat ayam , sisihkan . Sementara itu masak terus kuahnya hingga menjadi kental . Ini caraku yaa… kalo menurut resep aslinya sih ayamnya ngga diangkat tapi dimasak terus sampe empuk dan santan menyusut . Alasanku mengangkat ayamnya karena supaya dagingnya nanti tetep moist dan ngga terlalu kering karena kan masih kudu dipanggang lagi tuh .

5. Sejatinya cara yang paling enak untuk manggangnya ya pake arang , tapi karena ngga mau ribet ya aku masukin aja ke dalam oven dalam suhu 150 derajat . Api atas aja pake fan . Terus kalo ayamnya dah empuk suhunya dinaikin menjadi 175 derajat untuk gosongin permukaannya aja gitu .

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s