Ayam Pop


ayampop

Sudah lama sebenarnya pengin nyoba bikin ayam pop sendiri tapi kelupaan beli air kelapa terus jadinya batal melulu, deh acara eksperimennya  . Kali ini aku bener – bener niat mau nyoba kebetulan aja kemaren pas ada ayam kampung di pasar . Aku beli setengah saja karena cuma berdua . Lagian kalo misalnya nanti hasilnya kurang enak ngga akan terlalu banyak yg mubazir . Ayam dah dapet tinggal nyari air kelapanya , neh . Biasanya ibu penjual buah di depan komplek suka jualan air kelapa juga , ngga tau kenapa pas lagi butuh malah ngga ada . Untung nih ada si mbak yg suka bantuin di rumah , dia bilang kalo bapaknya kerja di ladang yg banyak pohon kelapanya katanya . Alhasil pagi ini aku dapet special delivery air kelapa . Rada bingung juga beliaunya ini karena baru kali ini denger kalo air kelapa bisa dipake untuk masak ayam , hehehehe…

Bahan : 

1/2  ekor ayam kampung

2 lembar daun jeruk

1 batang serai , digeprek

1 lembar daun salam

400 ml air kelapa

Bumbu halus : 

1 cm jahe

1 cm lengkuas

6 butir bawang merah

3 siung bawang putih

1/2 sdt ketumbar

1/2 sdt merica

1 1/2 sdt garam

Sambal : 

5 cabe merah , direbus

3 bawang merah , direbus

1 1/2 siung bawang putih , direbus

100 gr tomat , direbus

air panas

gula dan garam secukupnya

Cara memasak : 

1. Campurkan bumbu halus dengan air kelapa ke dalam . Masukkan ayam lalu rebus sampai ayamnya melunak dan airnya  berkurang . Kemaren ini lama merebusnya kira – kira 45 – 60 menit . Kalo pake ayam buras mungkin 25 menit dah mateng ayamnya deh .

2. Goreng ayam ke dalam minyak panas . Hidangkan dengan sambal dan lalapan .

2 Comments Add yours

  1. wati says:

    Mbok Bohay..disini kan susah dapat air kelapa..kalau gag ada air kelapa bisa ganti apa dong..

    1. Si Bohay says:

      Wah , apa yah ? Kayanya dulu Nenek ada kirim artikel masak pake air kelapa gitu trus kalo ngga ada bisa diganti pake pocary sweat . Coba tanya ma Nenek . Kemaren ada resep yg pake air biasa trus dikasi cuka dikit gitu ato campuran 1 cup air + 1 cup kaldu ayam gitu .

Leave a comment